Revolusi Industri Keempat – Apa, Mengapa, Kapan & Bagaimana?

Meskipun dianggap sebagai peningkatan dari revolusi industri ketiga, ini terutama merupakan perpaduan teknologi; sebuah revolusi yang sehat, menjanjikan, makmur, dan visioner dan sama sekali berbeda akan segera hadir!

Revolusi Industri Pertama datang untuk mekanisasi produksi menggunakan air dan tenaga uap, sedangkan Revolusi Industri Kedua mulai menciptakan produksi massal. Produksi otomatis menggunakan elektronik dan teknologi informasi adalah misi dari Yang Ketiga. Transformasi yang menunggu tidak dapat dianggap sebagai perpanjangan dari Revolusi Industri Ketiga karena penyebarannya yang mengganggu, evolusi eksponensial, dan transformasi cepat tanpa preseden historis.

Apa itu Revolusi Industri Keempat?

Kami berada di ambang inovasi teknologi; berubah; transformasi nyata! Menurut pendiri dan ketua eksekutif Forum Ekonomi Dunia (WEF), Klaus Schwab, sebagai “revolusi teknologi yang secara fundamental akan mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berhubungan satu sama lain”. Revolusi Industri Keempat yang akan segera terjadi dan sangat ditunggu-tunggu menggabungkan sistem digital, biologis dan fisik dan akan menyebarkan interaksi baru antara manusia dan mesin. Dibangun di atas tiga Revolusi Industri pertama, ini akan membuktikan kecepatan pesat kemajuan teknologi dengan menggabungkan batas-batas mereka.

Artificial Intelligence (AI) akan menguasai Revolusi Industri Keempat!

Inovasi teknologi akan menjadi bagian terbaik dan menjanjikan dari fase Revolusi Industri ini. Mobil tanpa pengemudi, robotika pintar, pencetakan 3D, kendaraan otonom, nanoteknologi, bioteknologi, fabrikasi digital, biologi sintetis, desain komputasi, penyimpanan energi, komputasi kuantum, dan Internet of Things akan menjadi tonggak sejarah yang ditetapkan dalam Revolusi Industri Keempat. Sebuah makalah WEF oleh Nicholas Davis, kepala Masyarakat dan Inovasi mengatakan bahwa, “bergantung pada teknologi dan infrastruktur dari revolusi industri ketiga… , mewakili cara yang sama sekali baru, di mana teknologi menjadi tertanam dalam masyarakat dan bahkan tubuh manusia kita. cara termasuk pengeditan genom, bentuk baru kecerdasan mesin, dan pendekatan terobosan untuk tata kelola yang bergantung pada metode kriptografi seperti rantai blok”.

Mengapa buzz tentang Revolusi Industri Keempat ini?

Karena ada peluang besar dan tantangan serius!

Keterampilan akan menguasai Pasar Tenaga Kerja!

Salah satu dampak terbesar dan langsung dari Revolusi Industri Keempat akan dirasakan oleh pasar tenaga kerja. Meningkatnya invasi teknologi akan menyebabkan hilangnya banyak pekerjaan, terutama untuk pekerjaan dengan keterampilan rendah. Akan ada permintaan tinggi untuk pekerjaan dengan keterampilan tinggi. Anda pasti akan pintar pembuat kode untuk mobil tanpa pengemudi, bukan? Menurut ekonom Erik Brynjolfsson dan Andrew McAfee, akan ada peningkatan ketidaksetaraan di pasar tenaga kerja. Otomatisasi teknologi yang lebih besar akan menyebabkan perpindahan bersih pekerja dan selanjutnya peningkatan pertumbuhan dan permintaan pekerjaan yang aman dan bermanfaat. Oxfam memperkirakan bahwa hanya 62 orang yang memiliki sebanyak separuh penduduk dunia yang lebih miskin, dan kekayaan 50 persen termiskin turun 41 persen sejak 2010. Sebuah laporan oleh bank Swiss UBS mengatakan bahwa penyebaran AI dan Robotika akan merugikan ekonomi seperti India dan beberapa negara Amerika Latin dengan memotong keuntungan tenaga kerja murah mereka. Sebelumnya, para peneliti di Oxford memperkirakan bahwa 35 persen pekerja di Inggris dan 47 persen di AS dapat kehilangan pekerjaan mereka karena teknologi selama dua dekade mendatang. Karenanya pasar tenaga kerja akan menjadi seperti ini: “keahlian tinggi-permintaan tinggi-gaji tinggi” dan “keahlian rendah-permintaan rendah-upah rendah”. Dengan kata lain, bakat akan memperoleh ruang yang lebih besar dan akan banyak diminati di pasar tenaga kerja daripada modal selama Revolusi Industri Keempat.

Tingkatkan Kualitas Hidup

Teknologi telah meningkatkan kualitas hidup masyarakat sejak awal. Ketersediaan produk baru, aksesibilitas yang lebih mudah ke pasar, peningkatan efisiensi dan kesenangan kehidupan pribadi, dan dunia digital yang terjangkau menanti di depan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari yang sangat penting seperti melakukan transaksi, membeli produk hingga kebutuhan pribadi yang kasual seperti mendengarkan musik atau menonton film; akan dilakukan dari jarak jauh dan mudah. Revolusi Industri Keempat memang akan menghasilkan transformasi kualitatif dalam kehidupan masyarakat.

Keuntungan Luar Biasa dalam Efisiensi dan Produktivitas

Tak perlu dikatakan bahwa otomatisasi dan inovasi teknologi akan menyebabkan keajaiban dalam hal efisiensi dan produktivitas. Keuntungan jangka panjang terjamin.
If you have any kind of inquiries concerning where and how you can use ikan arwana, you can call us at the web site.
Penurunan biaya transportasi dan komunikasi, peningkatan efektivitas logistik dan rantai pasokan global, serta pengurangan biaya perdagangan akan mendorong pertumbuhan ekonomi serta mendorong pembukaan pasar baru. Lebih mudah menjalankan perdagangan dengan lebih sedikit pekerja hari ini daripada setengah seperempat abad yang lalu. Sebuah perusahaan dapat menghasilkan uang yang baik dengan smart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *